Latest Updates

Perkembangan teknologi Komunikasi Masa Depan


Teknologi jaringan komunikasigenerasi atau yang biasa disebut 3G, pada ponsel-ponsel saat ini menyediakan kemudahan mobilitas tanpa kabel (nirkabel) tanpa batas yang belumpernah ada sebelumnya,dengan kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi (setara dengan broadband interenet seperti DSL, Cable Modem maupun Leased Line), Video Streaming dan Video Conferensi memberikan kemudahan untuk segala kepentingan kita semua secara cepat dimanapun kita berada.
Secara umum perkembangan teknologi telekomunikasi terbagi menjadi beberapa generasi, antara lain :
1.      1G (1979 – 1992), teknologi wireless.
2.      2G, menggunakan teknologi wireless yang ada, yang sebagian besar mengakomodasi teks.
3.      2.5G, teknologi sementara dan mengakomodasi grafik.
4.      3G(2001 – 2005), teknologi generasi ketiga mendukung kemampuan koneksi internet berkecepatan tinggi, video streaming dan video conferensi.
5.      4G (2006 – 2010), akan menyediakan teknologi multimedia yang lebih cepat dengan menggabungkan teknologi komunikasi suara (voice), akses internet (data), dan layanan video atau televisi melalui satu saluran.

Kemampuan dari teknologi jaringan telekomunikasi generasi ketiga ini adalah sebagai berikut :
1. Video Conferensi (Video Call).
     Menghubungi seseorang dan mendengarkan suara orang yang kita hubungi bukan satu-satunya hal yang dapat kita dengar. Melihat langsung wajah orang yang kita cintai (atau bahkan yang tidak sekalipun) dapat dilakukan.
Video conferensi pada ponsel-ponsel generasi ketiga adalah kepuasan murni. Pada umumnya ponsel-ponsel tersebut memiliki ukuran layar yang besar dan berwarna memberikan pengalaman berkomunikasi yang sangat pribadi dan sangat nyata.

2. Akses Cepat Internet.
Perkembangan jaringan telekomunikasi generasi ketiga ini dilengkapi dengan akses data cepat. Berbincang-bincang menggunakan e-mail atau instant messenger, membaca berita, men-download lagu (MP3) atau Video, atau bahkan berbagi file multimedia dengan teman.

3. Video Streaming
Siapa dapat menyangka melewatkan waktu bisa sangat menyenangkan. Akses video streaming dengan cepat berarti selamat tinggal kantuk dan ketukan jari bosan dimeja, karena sekarang anda akan sibuk menikmati cuplikan video clip/film, video music dan permainan (games) dengan ponsel canggih anda yang menjadi pusat hiburan pribadi.

Sebuah ponsel masa depan  yang mendukung jaringan 3G paling tidak dilengkapi dengan fasilitas koneksivitas seperti BlueTooth, Infrared maupun Wireless (Wi-Fi) serta dilengkapi fasilitas camera untuk melakukan Video Conferensi. Berikut beberapa merk dan tipe ponsel berbasis layanan 3G seperti : Motorolla (A1000, E1000, dan V975), Nokia (6630, dan 6680), Dopod(838 dan 900), Samsung SG75 dan masih banyak lagi.

Kecanggihan dari teknologi telekomunikasi generasi ketiga ini saat ini dikembangkan lagi oleh para perusahaan-perusahaan raksasa telekomunikasi dunia sebagai alternatif lain untuk akses kecepatan tinggi melalui telepon selular. Pada intinya,mereka mencoba bagaimana mengeksploitasi teknologi broadband nirkabel dengan biaya akses yang lebih murah alias ekonomis.

Pengembangan lebih lanjut dari teknologi generasi ketiga ini adalah menggabungkan teknologi komunikasi suara (voice), akses internet (data), dan layanan video atau televisi melalui satu saluran. Secara umum layanan ini biasa disebut dengan  “Triple Play”. Dengan layanan ini, maka para pelanggan tidak perlu lagi membayar sendiri-sendiri ketiga kebutuhan : mengakses data (internet), menggunakan telepon (voice), dan menikamati hiburan (televisi). Bahkan, kedepannya layanan seperti ini dapat dilakukan secara mobile dengan teknologi yang disebut WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access).
Lahirnya teknologi WIMAX bukanlah hanya sebagai pengganti infrastruktur kabel dikawasan yang sulit dijangkau, namun sudah bisa diaplikasikan untuk akses langsung dari sebuah Personal Digital Assistant  (baik Palm maupun Pocket PC) maupun laptop/notebook. Sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Perancis (Alcatel), sudah mengujinya dan yakin dalam tahun-tahun mendatang sudah bisa diterapkan untuk perangkat seperti ponsel yang disebut ponsel WIMAX.

Teknologi WIMAX yang bisa menjangkau samapi beberapa kilometer itu bukan hanya mengatasi persoalan jaringan di daerah yang belum tersentuh infrastruktur telpon kabel, tetapi juga mampu mendukung layanan “ Triple Play”,
Teknologi WIMAX di dalam ruangan (indoor) dapat menjangkau sampai dengan radius 5 km dengan dan sekitar 5 km dengan antena luar (Outdoor Antena). Bekerja pada frekuensi kerja 3.5GHZ, setiap satu basestation WIMAX mampu melayani sampi sekitar 200 pelanggan, dengan kecepatan maksimal 512 kbps.

Teknologi WIMAX yang memanfaatkan gelombang mikro (microwave) ini bahkan diramalkan akan dapat menjadi pengembangan jaringan telekomunikasi generasi keempat (4G) untuk komunikasi tanpa kabel.

           Sementara pengembangan teknologi jaringan 3G juga semakin meningkat, terutama untuk teknologi CDMA (Code Division Multiple Access). Sekalipun sejak pertama kali teknologi CDMA2000 1X  diterapkan lima tahun yang lalu diklaim merupakan merupakan teknologi 3G pertama dunia. Operator seluler di Indonesia seperti Mobile-8 dengan kartu Fren-nya sudah bisa melakukan Video Streaming dengan teknologi CDMA 2000 1X, bahkan bisa mengaplikasikannya semacam Video Phone secara real-time. Perkembangan terbaru dari teknologi ini adalah penerapan CDMA 1xEV-DO Revision A.

Teknologi yang merupakan penyempurnaan CDMA 1xEV-DO ini akan menjadi babak baru karena sudah bisa mengaplikasikan jaringan berbasis paket dan layanan yang berorientasi pada IP. Dengan demikian, teknologi ini akan mampu mengintegrasikan layanan “Triple Play” tanpa kabel, yaitu suara (Voice), data dan video dengan biaya yang lebih rendah. Teknologi ini mampu melakukan koneksi downlink samapai 3,1 Mbps dan uplink 1,8 Mbps.
Sedangkan teknologi lain seperti WCDMA (Wideband CDMA) juga meningkatkan kemampuan dengan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dan HSUPA (High Speed Uplink Packet Access). Dengan demikian, kecepatan uplink yang selama ini hanya mencapai sekitar 384 kbps pada WCDMA bisa lebih disempurnakan.

Sementara CDMA sudah mempersiapkan perluasan kemampuan dengan standar CDMA2000 1xEV-DO Revision B. Revisi B ini hanya mampu meningkatkan koneksi downlink sampai 73,5 Mbps dan uplink 27 Mbps dengan mengalokasikan gelombang pembawa multiple radio frequency pada blok frekuensi yang lebih luas.

Selamat menikmati kecanggihan teknologi telekomunikasi masa depan, kini akses keseluruh dunia ada diujung jari kita semua sesuai dengan moto “ Kapanpun, Dimanapun dan Apapun” (Whenever, Wherever and Whatever).

0 Response to "Perkembangan teknologi Komunikasi Masa Depan"