Latest Updates

EDUTECH IS COMING

 Dipilihnya Nadiem Makarim oleh Presiden Jokowi sebagai Mendikbud periode 2019-2024 menandai dimulainya EduTech.
Istilah EduTech digunakan, karena memiliki kemiripan dengan FinTech.
Jika FinTech adalah perpaduan antara financial dan technology, maka EduTech adalah perpaduan antara education dan technology.
Seperti kita ketahui Inovasi teknologi finansial dimulai dari dunia perbankan dengan munculnya Core Banking System (CBS), aplikasi yang merupakan jantung dari system perbankan.
Fungsi core banking yang paling mendasar adalah melayani nasabah untuk kebutuhan funding, lending dan deposit uang.
Fungsi lain core banking adalah merekam semua transaksi yang terjadi dalam rekening nasabah baik itu berupa tabungan, loan, kpr, maupun transaksi pembayaran.
Akses ke CBS dapat dilakukan melalui banyak channel seperti Teller (Cabang), ATM, Internet Banking, Mobile Banking dan lainnya.

Bagaimana dengan EduTech ?
Seperti halnya dengan FinTech, bisa diprediksi bahwa EduTech akan merubah cara dan mekanisme pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi : Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Jika selama ini pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi lebih berfokus pada kepentingan dosen dan institusi Perguruan Tinggi, maka EduTech akan memungkinkan masyarakat luas untuk mengakses langsung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Pengajaran yang selama ini dilakukan dalam ruang kelas yang tertutup, akan mudah diakses melalui proses pembelajaran via online. Mahasiswa dan dosen tidak perlu lagi datang ke kampus, karena proses pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mirip taglline minuman bersoda, ya...
Penelitian yang dilakukan oleh para akademisi haruslah memberikan dampak langsung bagi masyarakat luas. Tidak bisa lagi sekedar penelitian berbasis kepustakaan belaka.
Namun hasil penelitian haruslah memberikan output dan outcome bagi masyarakat luas.
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), bukan lagi sekedar memenuhi kebutuhan pelaksanaan Tri Dharma saja.
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa pelaksaanaan PKM hanyalah sekedar seminar / pelatihan sesaat tanpa mempertimbangkan kelanjutannya / tanpa pendampingan (mentoring).

Jika saat ini ada institusi perbankan yang tidak menerapkan CBS, bisa dipastikan bahwa institusi perbankan tersebut tidak akan mendapatkan nasabah.
Demikian pula yang akan terjadi di Perguruan Tinggi.
Perguruan Tinggi yang tidak menerapkan EduTech dalam malaksanakan Tri Dharma nya, maka bisa dipastikan Perguran Tinggi tersebut akan ditinggalkan oleh para calon mahasiswanya.

Wahai para akademisi dan pemangku kepentingan Perguruan Tinggi, siapkah Anda...?

0 Response to "EDUTECH IS COMING"